Rabu, 16 Februari 2011

HARUS GURU KREATIF










Dalam pembelajaran guru dapat memanfaatkan berbagai sumber dan tidak selalu berada di dalam kelas. Kunjungan ke tempat-tempat wisata bersejarah atau sejenisnya bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Guru harus kreatif dalam menuangkan ide-ide. Hal itu dikatakan oleh Kepala MI Muhammadiyah 2, Sahabudin, pada acara kunjungan wisata ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Museum Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur hari Rabu tanggal 16 Februari 2011.
Kunjungan wisata ini diikuti oleh 72 orang siswa kelas 4, 5, dan 6 yang didampingi oleh 9 orang guru. Kunjugan pertama ke Museum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sekitar pukul 09.30 – 10.30, dilanjutkan ke museum olahraga,museum telekomunikasi dan museum bayt al-qur’an. Para siswa sangat senang dan bersemangat ketika berada di dalam museum IPTEK. Mereka memeragakan beberapa percobaan, apalagi ketika berada di dalam ruang Simulasi Gempa. Selepas shalat zuhur da makan siang rombongan yang menggunakan 2 bus meluncur menuju museum Pancasila Sakti Lubang Buaya.
Di Museum yang hampir terlupakan banyak orang itu mereka menyaksikan diorama pengkhianatan PKI terhadap para Perwira ABRI tahun 1965. Barangkali karena pemerintah sekarang tidak terlalu mengekspos tentang peristiwa tersebut, banyak pelajar kita yang tidak mengetahui sejarah yang kelam itu.
Mengingat waktu sudah sangat sore dan diperkirakan perjalanan ke monas memakan waktu yang agak lama, maka diputuskan rombongan kembali ke Depok, meskipun ada beberapa siswa yang agak kecewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02

Madrasah pencetak insan-insan yang berakhlak mulia dan cinta Muhammadiyah.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Nama Sahabudin lahir Bogor, 5 Agustus 1968. tamat SDM Kukusan, MTsM Kukusan, PGAN 28 Jakarta, FSUI, IAIN, STAI YAPERI Cibinong